17/05/12

Hindari 10 Jenis Makanan Ini Sebelum Tidur

Hindari 10 Jenis Makanan Ini Sebelum Tidur
Menu makanan anda pada malam hari dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Di samping itu, pasti ada masalah pada perut anda karena mual yang menyebabkan tidak nyaman sehingga tidur pun terganggu. 

Berhentilah makan 2 jam sebelum tidur dan pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap didalam tubuh. Ditambah lagi hindari 10 jenis makanan berikut ini sebelum anda tidur :

  1. Daging Merah. Mengkonsumsi daging merah dapat memperberat kinerja perut saat tidur karena sulit dan lama dicerna sebab daging merah mengandung protein dan lemak. Boleh konsumsi daging merah tapi 5 jam sebelum tidur.
  2. Alkohol. Banyak orang beranggapan minum alkohol atau miras dapat membuat tidur lebih pulas. Anggapan ini ternyata tidak sepenuhnya benar karena alkohol menggangu fungsi restotarif tidur. Akibatnya, tubuh anda akan merasa tidak nyaman saat terbangun di pagi hari.
  3. Dark Chocolate. Cokelat bisa membuat nyaman. Namun jika dikonsumsi sebelum tidur akan membangkitkan perasaan gembira dan memicu debaran jantung karena kandungan kafein yang tinggi dan theobromine. Konsumsi cokelat putih lebih baik karena rendah kandungan kafeinnya.
  4. Bawang putih. Di samping bau, bawang putih memiliki sifat panas dan bisa mengganggu lambung yang beraibat mulas. tentunya tidur anda jadi tidak nyaman.
  5. Aneka Pasta. Pasta emngandung banyak karbohidrat dan akan diubah menjadi lemak. Pasta juga mengandung glikemik yang meningkatkan gula darah, menunda kenyamanan anda saat tidur karena harus terbangun ditengah malam akibat mulas.
  6. Seledri. Seledri dapat membuat anda sering kencing karena merupakan diuretik alami. Pastinya akan sangat mengganggu jika ditengah tidur anda yang nyenyak harus berulangkali ke toilet untuk buang air kecil.
  7. Es Krim. Es krim mengandung lemak yang tinggi. Jika anda makan es krim dalam jumlah yang banyak sebelum tidur, maka tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar semua kalori. Akibatnya, gula akan dipompa dalam tubuh anda sehingga menjadi energi. Gula yang ditimbun juga akan menjadi lemak. Tidur anda jadi terganggu.
  8. Sereal. Sereal mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Tidur anda tidak akan nyenyak.
  9. Lolipop. permen lolipop atau sejenisnya ternyata dapat menyebabkan mimpi buruk karena kadar gula yang tinggi menciptakan gelombang otak lebih tinggi.
  10. Pizza. Kasihanilah organ pencernaan anda karena pizza adalah makanan yang berat diolah saat tidur. ditambah lagi kandungan saos yang asam, toping keju dan daging yang berlemak, dll.

 
Ping your blog, website, or RSS feed for Free