09/05/12

Hindari Tidur Sambil Mendekap Ponsel

Hindari Tidur Sambil Mendekap Ponsel
Orang yang (Blackberry Messenger) BBM atau SMS addict tak akan pernal lepas dari yang namanya ponsel ditangan. Dimanapun berada, mereka selalu membawa ponsel. Seolah-olah menu wajib atau makanan pokok setelah makan nasi sehari-hari. 

Hal ini kerap dialami oleh kaum remaja yang suka bergaul di jejaring sosial maupun pasangan kekasih yang sedang dimabuk cinta. Sampai-sampai hendak pergi tidur pun, ponsel menjadi 'guling' utama bagi mereka.

Atau bagi anda yang sering mengandalkan alarm untuk bangun pagi, ponsel sering ditaruh dekat dengan diri anda. Penelitian terbaru menemukan suatu hal yang aneh ketika seseorang menaruh ponsel di dekat mereka sembari tidur. Meski jarang terjadi, namun ada saja orang yang entah bagaimana bisa mengirim sms kepada orang lain dalam keadaan tidur. Hal ini bisa disebabkan karena gejala stres. Stres karena padatnya aktifitas sehari-hari atau ketika menghadapi permasalahan yang membebani pikiran.

Namun faktor utama penyebab sleep texting ini sebenarnya karena alam bawah sadar yang sedang bekerja akibat terlalu sering orang bermain atau utak-utik ponsel pintar, misalnya BBM, SMS, email,  update status twitter, facebook, dll. Secara tidak sadar otak akan sulit membedakan mana alam mimpi dan alam kenyataan.

Di samping itu, tidur sambil mendekap ponsel juga tidak baik bagi kesehatan, terutama otak karena paparan radiasi yang dipancarkan sangat berbahaya bagi keseimbangan kinerja otak. Akibatnya anda akan sering nge-blank, loading lama, pelupa, bahkan bisa memicu penyakit kanker otak.


Ping your blog, website, or RSS feed for Free