11/05/12

5 Tips Mencegah Penyakit Anemia

5 Tips Mencegah Penyakit Anemia
Terserang anemia dapat menyebabkan tubuh selalu lemas dan tidak bergairah karena darah tidak bisa mencukupi kebutuhan oksigen yang cukup di dalam tubuh. 

Anemia bisa terjadi karena sel darah merah yang jumlahnya terlalu sedikit dan melebihi batas normal. Sel darah merah ini membawa oksigen ke otak dan bagian tubuh lainnya. Nah, jika sel darah merah ini jumlahnya kurang dari batas normal, maka bagian otak ada yang tidak terpenuhi oksigen.

Anemia terdiri dari 3 jenis, yakni anemia karena kekurangan zat besi, anemia vitamin B-12, dan anemia sel sabit dan talasemia. Banyak anggapan bahwa anemia dapat dicegah dengan diet sehat. Namun anggapan ini belum terbukti kebenaran sepenuhnya.

Berikut ini 5 Tips Mencegah Penyakit Anemia :
  1. Konseling genetik. Konseling ini dilakukan jika anda memiliki riwayat keluarga keturunan pengidapo anemia. Dokter dapat menilai dan memberi solusi untuk mencegah potensi anemia yang menyerang.
  2. Vitamin B-12. Daging, produk susu, sereal, dan susu kedelai merupakan sumber vitamin B-12.
  3. Vitamin C. Bantu tubuh anda untuk menyerap lebih banyak zat besi dengan mengkonsumsi buah jeruk, berry, dan melon.
  4. Makanan kaya zat besi. Sayuran hijau, sereal, daging sapi, kacang-kacangan, dan buah kering mengandung zat besi yang kaya.
  5. Makanan yang mengandung asam float. Sereal, daging, kacang-kacangan, pasta, roti, jeruk, pisang, sayuran hijau mengandung banyak asam float yang bisa mencegah anemia.
Itulah 5 Tips Mencegah Penyakit Anemia. Semoga bermanfaat!

Ping your blog, website, or RSS feed for Free