15/05/12

6 Tips Menambah Daya Ingat

6 Tips Menambah  Daya Ingat
Lupa merupakan hal yang manusiawi, namun apa jadinya jika anda sering lupa, yah jadilah anda orang tua yang pikun. Masak masih muda pelupa, apa kata dunia. Dunia sih diam aja, anda itu yang natinya cerewet sendiri. Jangan sampai anda lupa, punya istri nggak? punya anak? punya pacar? punya mobil? tapi jangan ngaku-ngaku punya lho, hehe. 

Lebih baik kita selalu memiliki daya ingat yang kuat agar segala sesuatunya berjalan dengan baik, termasuk melakukan pekerjaan.

Berikut ini 6 Tips Menambah Daya Ingat :

  1. Berjalan kaki. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang beranjak tua melakukan jalan kaki dapat tiap hari dapat mempertahankan volume hippocampus, yakni pusat ingatan di otak.
  2. Tidur. Saat tidur malam, ternyata dua area di otak menayangkan kejadian atau peristiwa sepanjan hari sebelumnya. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasi dan merapikan file-file ingatan yang baru terbentuk.
  3. Permainan otak. Melatih otak dengan bermain permainan strategi seperti catur, sudoku, teka-teki silang, puzzle, dll akan membantu mengunggah pengetahuan dan membuat syaraf-syaraf otak saling bersambungan. Hal tersebut dapat memperbaiki daya ingat, konsentrasi, keterjagaan, dan mood seseorang.
  4. Mengunyah permen karet. Gerakan mengunyak permen karet akan menghasilkan air liur yang dapat meningkatkan denyut jantung dan mempengaruhi hippocampus pada otak yang kemudian melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.
  5. Makanan untuk berpikir. Konsumsilah makanan yang kaya dengan antioksidan seperti sayuran berwarna hijau, apel, pisang, blueberry, bawang, wortel. Di samping itu omega 3 juga penting yang ditemui pada makanan janis ikan dan kacang-kacangan agar otak dapat memperbaiki kerusakannya sendiri dan menyambung neuron-neuron otak dengan benar.
  6. Bangun pagi hari dan cium rosemary. Hal ini berefek me-refresh otak kita agar dapat tetap terjaga ketika sedang melakukan pekerjaan. Berbeda dengan bunga lavender yang dapat membuat kita selalu mengantuk.





Ping your blog, website, or RSS feed for Free