06/05/12

7 Kelainan Payudara Wanita Yang Perlu Diwaspadai

7 Kelainan Payudara Wanita Yang Perlu Diwaspadai
Payudara merupakan aset yang penting bagi seorang wanita. Menjaga payudara agar terjaga tetap sehat adalah suatu hal yang harus diperhatikan. 

Pemeriksaan rutin merupakan langkah baik untuk mendeteksi gejala adanya kanker payudara. Anda harus jeli melihat jika terjadi kelainan pada payudara karena bisa jadi itu adalah gejala kanker payudara. 

Berikut ini 7 Kelainan Payudara Wanita Yang Perlu Diwaspadai :

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening. Salah satu tanda gejala kanker payudara adalah munculnya pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian ketiak. Meski terkadang ini terjadi karena infeksi, namun tidak ada salahnya untuk segera cek kondisi tersebut ke dokter. 
  2. Nyeri bagian puting. Rasa nyeri pada bagian puting bisa disebabkan adanay kista. Untuk membedakan dengan kanker payudara, segera ke dokter dan lakukan pemeriksaan ultrasonik.
  3. Cairan aneh di puting.  Cairan apapun yang keluar dari puting selain susu, perlu diwapadai terutama yang berwarna merah atau coklat. Dokter akan memeriksa dengan ductogram yakni memeriksa kelainan kelenjar susu denagn mengamati adanya indikasi sel kanker.
  4. Iritasi kulit. Kulit payudara atau puting yang bersisik, merah, dan tebal merupakan indikasi adanya gejala kanker.
  5. Puting tenggelam. Gejala ini disebabkan traksi atau pengencangan kelenjar susu yang terdesak oleh sel tumor. Hal ini jarang dialami oleh kebnayakan wanita.
  6. Pembengkakan. Gejala payudara yang makin berat atau membengkak perlu diwaspadai. Bentuk payudara kanan dan kiri juga tidak sama. Gejala ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi garam.
  7. Benjolan. Munculnya benjolan pada bagian payudara yang tidak wajar perlu diwaspadai. Gejala ini bisa dilakukan dengan meraba sendiri atau pemeriksaan dokter menggunakan alat mammograph. Benjolan lunak dan bulat ada indikasi terkena kista. Yang perlu diwaspadai jika benjolan keras dan bentuk tidak teratur.
Itulah 7 Kelainan Payudara Wanita Yang Perlu Diwaspadai. Semoga bermanfaat!



Ping your blog, website, or RSS feed for Free