10/05/12

Ini Dia 3 Penyebab Utama Gigi Berlubang

Ini Dia 3 Penyebab Utama Gigi Berlubang
Jika selama ini banyak orang menganggap bahwa makanan yang manis dan minuman bersoda menjadi biang utama gigi berlubang, maka anggapan itu salah. Sebenarnya banyak hal yang mendasari penyebab gigi berlubang. Namun, ternyata ada 3 penyebab gigi anda berlubang. Apa saja?

Berikut ini 3 Penyebab Utama Gigi Berlubang :

  1. Sikat gigi yang digunakan. Karena letaknya dibelakang, memiliki alur dan celah, gigi geraham sering mengalami masalah karena lokasi yang sulit dijangkau ketika menyikat gigi. Di situlah timbunan makanan menumpuk terselip dan menempel yang telewat untuk dibersihkan. Hal ini menyebabkan makanan sisa membusuk sehingga menyebabkan gigi berlubang. Pilih sikat gigi yang ujungnya mengerucut agar dapat menjangkau bagian gigi geraham belakang.
  2. Cara menyikat gigi. Banyak orang dapat melakukan sikat gigi dengan mudah. Namun apakah cara mereka menyikat gigi selama ini sudah benar? Menyikat gigi yang benar memerlukan waktu sekitar 1-2 menit. Usahakan sikat gigi sambil bercermin dan posisi memutar-mutar sikat gigi agar kondisi gigi benar-benar bersih. Di samping itu, ketika sehabis minum minuman bersoda atau minuman yang sifatnya asam jangan langsung menyikat gigi. Hal ini dapat memperburuk kondisi gigi karena dengan langsung menyikat gigi, kadar asam jadi semakin tinggi. Lebih baik berkumur dulu untuk menghilangkan sifat asam tadi, diamkan, baru menyikat gigi.
  3. Frekuesi menyikat gigi. Jarang melakukan sikat gigi dapat meyebabkan kerusakan permanen dan kerapuhan pada gigi. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur adalah cara yang dianjurkan untuk dilakukan agar gigi selalu dalam kondisi bersih dan meminimalisir pertumbuhan bakteri pada mulut dan gigi.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free